Sedikit Cerita

Apa alasan yang membuat suka JKT48?

jkt48-logo.jpg

Jadi, kemarin sempet ditanya soal pertanyaan di atas. Terus diminta buat sebuah tulisan di sini. Ya.. Oke, aku coba cerita singkat. Tapi ngga yakin kalo ini bakalan singkat. 😛

Jadi gini. Kalo mau cerita yang sebenarnya itu. Dulu, waktu tahun 2010, masih SMP, lagi rame-ramenya soal boyband girlband dengan lagu-lagunya dan para anggotanya gitu kan di Indo. Yaa, ada demam boyband dan girlband lah di masa itu. Membuat banyak orang yang tiba-tiba jadi demam kpop rasa Indo. Waktu itu, aku ‘keseret’ untuk ikutan suka. Sebenarnya ngga suka-suka banget. Cuma karena lagi pada masa mencari kesenangan dan jiwa-jiwa labil remaja, yaa begitu lah. Terus sukanya itu yaa, gini. Aku kan satu-satunya anak perempuan, dua kakak aku yang lain itu cowok, jadi yaa ngerasa aja kayak kesepian ngga ada kakak cewe yang kalo misalnya ada mungkin bisa cerita-cerita sama dia, teman berbagi. Nah, hal seperti itu yang memicuku untuk ‘suka’ sama salah satu girlband yang waktu itu lagi naik daun. Sebut aja c**********… Itulah pokoknya. Masih belum ada hubungannya sama JKT48.

Selama SMP cukup ngikutin jejak c***** ini sampe ada cerita gonta-ganti anggotanya lah, terus dengan berbagai perkembangan yang mereka lakukan. Memasuki masa SMA, waktu itu bermula sama kakak aku yang punya lagu JKT48 di laptop, terus aku bilang kan kalo anggota JKT48 itu keroyokan rame-rame, kasihan panggung nya ngga muat, sekali tampil langsung belasan orang. Awalnya aku ngerasa ngga suka gitu karena mereka lebih banyak dan ngehafalin orang-orangnya susah, terus pas denger-denger lagunya, kok kayak unik-unik gitu, maknanya dalam. Terus, ditambah lagi waktu itu ada temen ngobrol, dia bilang ke aku kalo aku itu mirip sama sama salah satu member. Aku ke-GR-an, dan bilang aja mirip dari mananya sama aku? *muka malu* *ngga nemu emot muka malu gimana buat simbolnya* Wkwkwk, ada-ada aja. Tapi, pas dibilang gitu, aku malah nyari tahu tentang member yang dia maksud. Mulai lah buat baca-baca tentang JKT48, dan membernya.

Waktu itu baru ada generasi 1, 2 dan trainee. Jadi, pertama kali suka JKT48 itu di tahun 2012. Yaa, kurang lebihnya lah.. Awalnya cuma ngikutin sekilas aja, kayak tahu aja JKT48 itu idol grup, terus sistemnya pake team gitu, format tampilnya 16 orang. 48 itu bukan total anggotanya, cuma namanya aja pake angka 48, ngikutin siste group nya AKB48. Terus, baru kenal ada yang namanya oshi. Kayak kita mengidolakan member yang mana. Kalo misalnya idolanya Melody, berarti namanya Melody oshi. Yaa, gitu-gitu lah pokoknya.

Waktu itu, yaa oke, jujur-jujuran aja yaa. Aku awalnya tertarik sama Melody untuk dijadiin idola (gara-gara dibilang mirip, padahal mah ngga mirip samsek, wkwkwk) tapi terus tertarik juga sama Beby karena dia jago dance, terus kalo ngga salah dia sempet sakit gitu kan, mungkin karena saking semangatnya ngedance di masa itu. Terus sempet ngga terlalu ngikutin lagi. Tapi, kemudian aku ketemu sama . . . seorang member yang buat blog! Yup, waktu itu lagi zaman-zamannya “Deskripsikan 20 fakta menarik tentang diri kamu!”. Nah, terus dia buat postingan itu di blog nya. Aku baca. Itu postingan kedua dia di blog itu, sebelumnya juga ngepost. Terus, aku mulai cari-cari tahu lagi kan. Akhirnya tertarik sama dia, dan masih ngikutin sampe sekarang. Namanya adalah Ratu Vienny Fitrilya. ^^ Sebelumnya, aku pernah ngomongin tentang dia di blog lama aku. Waktu itu soalnya dia ngepost di blog, terus aku ikut ngomen. Emang kadang sesekali dia ngebalas komentar di blog itu, dan aku ternyata dapet balasan komen dari dia. Yaa, walaupun singkat sih. Tapi, bermakna cukup besar gitu. wkwkwk

Link tulisan lama aku ada di bawah ini. Berasa malu sendiri sama tulisan yang pernah ditulis dulu.. 😀 😀 😀 Harap maklum lah yaa..

Tulisan Lama

Untitledv.png

Itu adalah sebuah ss jawabannya. 😀 Jadi, memang waktu itu rasanya antara ngga berharap dijawab, sama pengen dijawab(?) Aneh ya? wkwkwk… Tahunya dijawab gitukan. Rasanya campur aduk beneran. Seneng-seneng gimana gitu. Soalnya kalo member kan ngga bisa semudah itu ngebalas pesan dari fans. Kalo di twitter, mereka emang ngga dibolehin buat ngebales mention-mention dari fans, tapi kalo ngefavorit boleh. Terus, kalo di blog itu juga, atau ngga g+ biasanya. Kadang ada juga member yang memang mau ngejawab pertanyaan fans kayak di twitter, lewat tanya jawab tanpa mention langsung ke fans yang nanya. Yaa, intinya susah lah ngedapetin kesempatan bisa dijawab kayak gitu.

Terus, kenapa aku suka JKT48 dan malah mengidolakan Ratu Vienny Fitrilya??

Hm… Entah lah, mungkin kalo untuk JKT48 nya itu karena lagu-lagunya banyak yang menginspirasi untuk aku pribadi. Liriknya sederhana tapi maknanya luas. Cocok buat beberapa bagian hidup yang aku jalani. Jadi pemicu semangat juga (moodbooster) sesekali. Kalo mengidolakan Kak Viny mungkin karena selain waktu itu dia punya blog, dia suka baca tulis dan jago gambar gitu. Terus aku suka kepribadiannya juga. Berasa mirip, tapi ngga mirip-mirip juga kayak aku ._. au ah.. Intinya, waktu itu pertama kali ngerasa suka dan mengidolakan dari fotonya pas K3 masih setlist BnT. Rambut kepang satu dan senyumnya bener-bener bisa buat orang lain senyum waktu lihat fotonya.

Ratu_vienny_fitrilya2
Senyumannya 🙂

Tuh kan gimana? Udah senyum-senyum juga atau ngga? Terus, kenapa bisa bertahan untuk mengidolakan sampe sekarang? Karena yaa, dia khas. Karakternya itu benar-benar bisa bertahan meskipun seiring berjalannya waktu dia berubah jadi semakin dewasa. Oh iya, dulu itu kan dia awalnya takut sama kucing, terus harapan waktu umurnya udah 20 tahun bisa temenan sama kucing dan sampe sekarang dia malah udah bener-bener temenan sama kucing dan kucingnya udah dianggap kayak adeknya sendiri. Bener-bener yaa.. ternyata apa yang ditakuti, dibenci bisa buat jadi hal yang paling dicintai, disayangi.

Sekarang, Kak Viny udah jadi kapten team K3. Aku dari awal, kalo secara team memang suka sama team K3, karena K3 itu K3ren. Waktu K3 masih formasi lama, berasa aja kalo karakter K3 yang strong, cool, terus saling akrab dalam satu team, kompak dan bener-bener K3keluargaan banget.

Oh iya, tadi malam udah ada pengumuman member single ke-17 JKT48 Membuat Zaman Baru. Terus, K3 yang paling mendominasi. Wah… Luar biasa sekali fans-fansnya. K3 yang sekarang kan udah hasil reshuffle gitu kan, jadi bener-bener udah campur team dan generasi gitu. Ada yang masih dari team K3 sebelumnya, ada yang dari team J dan ada juga yang dari team T, secara keseluruhan yang dimasukkan ke team K3 sekarang kelihatan banget punya banyak talenta yang unik-unik dan punya karakter yang kuat. Terus, kapten nya Kak Viny. Waktu pertama kali tahu kalo Kak Viny jadi kapten, sempet ngga nyangka juga. Kan secara yaa, dulu kapten yang pernah megang K3 itu ada Kak Naomi sama Kak Kinal. Kak Viny kan belum ada pengalaman dan tiba-tiba diangkat jadi kapten. Wah, pasti dia juga kaget soal itu. Terus waktu udah mulai deket-deket tanggal resmi perubahan team, kelihatan banget dia mulai berusaha mengayomi anggota-anggota K3 yang baru. Mulai perhatian gitu, mulai mikirin dan berusaha memahami anggota nya satu-satu. Berusaha menjadi kapten yang baik bagi team nya.

Terus, pada masa-masa kampanye untuk pemilihan ini. Mulai dari video kampanye nya di youtube, kelihatan banget kalo Kak Viny ngerasa bahwa pemilihan kali ini memang pertama kali baginya bertindak sebagai kapten team K3 yang berarti dia ngga cuma mikirin dia sendiri tapi mikir soal nasib anggotanya juga. Ini juga baru aku sadari pas dia speech tadi malem. Hasilnya, dengan peringkat 22 di tanggal 22 April 2017. Rasanya cukup memuaskan. ^^ Fansnya luar biasa. Ini speech tadi malam.

Peringkat 22
Dengan jumlah total suara 11094 jatuh kepada member dari team… K3

Ratu Vienny Fitrilya

“Si gadis artistik dengan kilau cahaya yang tidak terkalahkan. Torehan tulisannya menjadi inspirasi untuk teamnya. Kapten team k3 Vienny sekali lagi menulis lembaran kisah dalam cerita indahnya.”

Halo semua selamat malam! ^^
Iya, ngga nyangka yaa tahun ini dapet kesempatan buat sekali lagi berdiri di atas sini. Megang piala yang udah kalian sangat usahakan, yang udah kalian kasih.
Apa yaa, aku bersyukur, karena di tahun ini mungkin tahun pertama kali aku bener-bener mikirin ngga cuma diri aku tapi banyak kepala juga.

Dan apa yaa, seb (hehehe) seberapa besar aku ingin buktiin kalo diri aku pantas tapi aku tahu kalo semua member jkt48 yang sekarang ada di atas panggung ini juga sama pantasnya sama aku untuk berdiri di atas sini. Dan apa yaa, ngga boleh ada satu orang pun yang bisa bilang mereka ngga pantas berdiri di atas sini. Karena mereka sama-sama berusaha. Mereka sama-sama berjuang, mereka datang pagi, mereka latihan sampai malam. Mungkin banyak cerita yang ngga kalian tahu, tapi apa yang kami tunjukkan, apa yang kami kasih di sini itu untuk kalian.

Dan tahun ini kalian buktiin dengan ngasih pelajaran ke aku, bahwa masih ada orang-orang yang peduli sama aku. Dan apa yaa, mau mengusahakan hal-hal yang mungkin aku kira untuk apa sih kalian memberikan itu kepada aku yang kalian mungkin ngga kenal sama sekali, cuman tahu nama doang, cuman pernah lihat di atas panggung JKT48. Tapi ternyata kalian buktiin kalo misalnya, walaupun ada jarak di antara kita tapi (eheheheh), tapi semua itu terlampaui sama yang namanya..

Apa yaa aku ngga tahu apa yang udah aku kasih ke kalian, tapi kalian kasih banyak pelajaran ke aku. Mau itu hal yang baik atau hal yang buruk, terima kasih buat dukungan kalian selama ini. Sampai kapanpun, aku bakal buktiin aku bisa jadi salah satu member jkt48 yang penting dan bisa kalian ingat seumur hidup kalian. Terima kasih. ^^

C-BbV7YV0AENQvk.jpg
Peringkat 22

Itu sebuah pesan yang disampaikan oleh Kak Viny tadi malem waktu habis disebutkan berada di peringkat ke 22. Kelihatan jelas pas kampanye tahun ini, Kak Viny ngga menggebu-gebu untuk promosi di twitter, cuma yaa memang kalo dilihat lebih sibuk dengan kegiatan promosi langsung. Terus, waktu di pengumuman tahap pertama dan kedua juga posisinya berada disekitaran 20-an. Hingga akhirnya berada di peringkat 22.

Mengenai kalimat terakhir, aku ngga tahu apa yang udah aku kasi ke kalian. Rasanya, aku mau menjawab. Kak Viny memang ngga ngasih sesuatu yang bisa dilihat dan diberikan langsung pakai tangan, tapi memberikannya dengan hati. Dengan berdiri di atas panggung atas nama JKT48, dengan memberikan kemampuan terbaik untuk mengikuti lagu, menikmatinya, dan memberikan rasa cinta itu ke kami semua yang menyaksikan. Itu adalah pemberian lewat hati yang jauh lebih membekas dari apa yang diberikan lewat tangan. Sesuatu yang diberikan dengan sepenuh hati, juga membekas di hati. Apa yang diberikan tentu akan sama dengan apa yang didapatkan, bahkan mungkin bisa lebih dari itu. Tetap semangat, Kak! Kita memang ngga pernah bertemu sebelumnya, cuma sekali interaksi seperti yang udah aku tulis di atas, tapi itu adalah hal yang sangat berkesan. Kesan pertama dan merupakan kesan yang luar biasa itu tentunya sudah pasti tidak akan pernah lupa. Dimanapun seorang Ratu Vienny Fitrilya berada, bagiku dia adalah sosok seorang idol JKT48 yang membekas bagiku. Lewat usahanya, lewat pengorbanan masa remajanya, lewat segala tetes keringatnya, dia berusaha menginspirasi banyak orak, berusaha membahagiakan orang lain. Semua itu pasti akan teringat. Tetap berjuang meraih mimpinya ya, gadis artistik! Kangen lihat gambar-gambarnya. Semangat buat kuliah dan di JKT48 nya! Semoga apa yang selalu diimpikan terwujud. Sekali lagi selamat kapten team K3! (^^)7

Hm… Lumayan panjang yaa jadinya tulisan ini. 😀 😀 😀 (ngga sesedikit yang dikira)

Awalnya, tulisan ini masih tersimpan di draft dan berhubung pas udah nulis setengah terus kehabisan ide, jadi didiemin dulu. Terus, kepikiran lagi buat lanjut nulis karena habis nyimak hasil pengumuman semalem. Sekalian aja jadinya disambung gitu ceritanya. Yaa, mungkin cukup segitu aja yaa bahasannya. Intinya, dari tulisan ini setidaknya sudah sedikit memberikan jawaban kenapa aku suka JKT48 dan mengidolakan Viny. Cukup jadi fans biasa aja, ngga fanatik, ngga mau masuk fanbase, dan ngga ngoleksi CD atau barang-barang yang berhubungan dengan JKT48. Yaa, bukan berarti ngga menghargai, aku cukup mengamati dari jauh.

Cukup sekian untuk tulisan kali ini. Sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya! Terima kasih bagi yang sudah mau membaca. ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s